Ultimate magazine theme for WordPress.

Informasi 25 Tempat Wisata Instagramable Banyuwangi Lengkap

0

12. Sukamade

Berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB),Pantai Sukamade merupakan salah satu dari Triangle Diomond Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapai pantai ini memang penuh dengan perjuangan karena kawasan Sukamade Dikenal memiliki Jungle track yang sangat esktrem dengan pemandangan alam yang masih sangat dan eksotis. Sukamade menjadi tempat destinasi wisatwan ketika melakukan wisata di Banyuwangi, terutama untuk para pecinta Penyu.

Suasana yang tenang, hutan tropis alami Pantai sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu mendarat dan bertelur, pantai ini juga disebut sebagai istana penyu karena banyaknya penyu yang mendarat di pantai ini, bahkan dari 6 penyu yang ada di dunia 4 diantaranya mendarat disini yaitu Penyu Slengkrah, Penyu Belimbing , Penyu Sisik dan penyu hijau.

Banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur, menjadikan pantai sukamade sebagai tempat penangkaran telur penyu dan melepaskannya kembali ke habitatnya setelah tukik – tukik yang menetas siap untuk dilepaskan. wisatawan tak hanya bisa melihat saja, anda juga bisa turut serta dalam pelepasan tukik. untuk melihat tukik – tukik bertelur wisatawan harus menunggu hingga malam hari karena biasanya tukik mendarat di pantai sekitar jam 19.30. sekali bertelur tukik – tukik ini bisa menghasilkan telur hingga ratusan dan akan kembali ke laut pada jam 24.00 . penyu – penyu ini tidak setiap hari mendarat di pantai ini hanya pada bulan – bulan tertentu. penyu betina akan sering mendarat saat bulan november.

13. Sadengan

Padang Rumput atau savana Sadengan adalah padang rumput dengan luas 80 hektar, dan merupakan padang rumput semi alami di Banyuwangi dan masuk dalam teritori Taman Nasional Alas Purwo. Disebut padang rumput semi alami karena keberadaan padang rumput ini tidak berlangsung secara alami, dimana terbentuk karena kerusakan hutan sehingga membentuk hamparan rumput yang luas.

Satwa yang hidup di padang rumput ini merupakan penggabungan antara Greezer atau satwa yang merumput di savana Sadengan, dan Browser atau yang makan tumbuhan di dalam hutan. Berbagai spesies bisa di temukan di padang ini seperti; Banteng (Bos javanicus), Rusa (Cervus timorensis), Ajag (Cuon alpinus), Kijang (Muntiacus muntjak), Babi Hutan (Sus scrofa), Macan Tutul (Panthera pardus).

Sadengan menjadi wisata di Banyuwangi yang menyuguhkan destinasi wisata alam yang sangat indah, karena ini masih dilindungi ada aturan-aturan buat wisatawan yang bekunjung kesana.

14. Blimbingsari

Pantai Blimbingsari terletak di Kecamatan Rogojampi, berjarak 23 km dari kota Banyuwangi. Sarana jalan menuju Pantai ini sudah baik. Kendaraan umum juga sudah ada. pantai ini juga dekat dengan bandara Blimbingsari. mungkin setelah anda mendarat di Banyuwangi anda bisa menikmati pantai yang satu ini yang bisa langsung anda jadikan sebagai tempat wisata di banyuwangi.

Blimbingsari juga terkenal dengan wisata kuliner ikan bakar. Upaacra petik laut biasanya diadakan setiap bulan Suro. selain itu di pantai ini anda juga bisa melihat keindahan sunrise dan melihat para nelayan pulang dari melaut. Pantai ini sudah menjadi pantai yang dijadikan tempat kunjungan wisata di banyuwangi yang paling mudah dijangkau.

15. Pantai Mustika

Keistimewaan dari pantai Mustika adalah pantainya masih bersih dan alami, selain itu panjang pantai hampir mencapai 2 KM membentuk setengah lingkaran dan ditengah tengahnya ada pulau mustaka. Rencananya pantai mustika akan dibagi menjadi dua bagian yaitu public dan private agar semua kalangan bisa menikmati. Hal ini dilakukan karena permintaan wisatawan menengah keatas yang menginginkan duduk santai dan ngopi dengan suasana yang tenang.

Ombak di pantai mustika tidak terlalu besar, cukup aman bagi anda yang mengajak anak anaknya bermain di pinggir pantai atau berenang di pantainya. Disekitar pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa yang membuat suasana menjadi sejuk. Disini juga disediakan meja dan kursi agar pengunjung bisa duduk santai dan menikmati indahnya sunrise. Pantai menjadi tempat wisata di banyuwangi yang layak dikunjungi.

16. Blue Bay / Teluk Biru

Teluk yang satu ini berbeda dengan green bay. Jika green bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau Blue Bay mempunyai keindahan bawah laut yang indah.

Teluk Blue Bay salah satu alternative snorkeling di banyuwangi selain pantai Bama di baluran atau pulau Tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata Banyuwangi diatas. Laut disini juga masih asri dan belum terekpose, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih. itulah kenapa teluk ini dinamakan teluk biru atau Blue Bay. Tempat ini selalu ramai dijadikan sebagai tempat kunjungan wisata di Banyuwangi.

17. Desa Adat Kemiren

Kemiren merupakan salah satu desa adat di Banyuwangi yang masih kental akan adat istiadat suku Osing. desa yang terletak di kecamatan Glagah, Banyuwangi. penduduk di desa ini dipenuhi dengan suku osing semua dan masih mempertahankan tradisinya. bahasa keseharian mereka menggunakan bahasa Osing. sekedar informasi, Osing sendiri memiliki arti tidak, kita sebagai suku Osing memilih kata Osing karena kita dulu berkata Tidak untuk penjajahan atau Osing kanggo penjajahan. Karena masih kentalnya adat istiadat di desa ini, pemerintah menetapkan desa ini sebagai cagar budaya yang menjadi tempat mempertahankan budaya asli Banyuwangi..

Salah satu daya tarik desa kemiren adalah adanya Sanggar Genjah Arum, Sanggar ini di desain dengan tema rumah masyarakat Banyuwangi di tempoe doeloe. Sanggar ini milik seorang pengusaha perkebunan yang bernama Setiawan Subekti atau biasa dipanggail dengan kang Iwan.

Selain Sanggar Genjah Arum, di desa ini sering diadakan festival seperti Ngopi Sewu. festival ini merupakan acara tahunan pemerintah banyuwangi yang di selenggarakan di desa adat kemiren dimana penduduk di desa ini menyediakan meja dan kursi di depan rumah yang dilengkapi dengan kopi asli Banyuwangi untuk di minum bersama – sama. Festival ini dijadikan sebagai salah satu acara kunjungan wisata di Banyuwangi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.